Daftar Danau Terbesar di Indonesia

Nanang SB

Daftar Danau Terbesar di Indonesia

 Berikut ini adalah daftar danau terbesar di Indonesia:

Danau Toba, Sumatera Utara

Danau Toba adalah sebuah danau vulkanik yang terletak di provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Danau Toba adalah danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara, dan salah satu danau terbesar di dunia, dengan luas sekitar 1.145 kilometer persegi. Danau ini terletak di sebuah kaldera gunung berapi tua dan dikelilingi oleh pegunungan yang menjulang tinggi.

Danau Singkarak, Sumatera Barat

Danau Singkarak adalah sebuah danau alami yang terletak di provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Danau ini terletak di antara kabupaten Solok dan kabupaten Tanah Datar. Danau Singkarak memiliki luas sekitar 107,8 kilometer persegi dan kedalaman maksimum mencapai 268 meter, menjadikannya salah satu danau terdalam di Indonesia.

Danau Maninjau, Sumatera Barat

Danau Maninjau adalah sebuah danau yang terletak di kawasan perbukitan Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia. Danau ini berada di ketinggian sekitar 461,50 mdpl dan memiliki luas sekitar 99,5 kilometer persegi dengan kedalaman maksimum mencapai 165 meter.

Danau Sentani, Papua

Danau Sentani adalah sebuah danau alami yang terletak di kota Sentani, Papua, Indonesia. Danau ini memiliki luas sekitar 9.360 hektare dan terdiri dari beberapa pulau kecil di dalamnya. Danau Sentani dikelilingi oleh pegunungan dan hutan tropis yang masih alami, menjadikannya sebuah destinasi wisata alam yang menarik.

Danau Poso, Sulawesi Tengah

Danau Poso adalah sebuah danau yang terletak di Provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia. Danau ini merupakan danau terbesar ketiga di Indonesia setelah Danau Toba dan Danau Maninjau, dengan luas sekitar 32.000 hektare dan kedalaman maksimum mencapai 450 meter.

Danau Matano, Sulawesi Selatan

Danau Matano adalah sebuah danau alami yang terletak di Sulawesi Selatan, Indonesia. Danau ini memiliki luas sekitar 164 km² dan merupakan danau terdalam di Indonesia, dengan kedalaman maksimum mencapai 590 meter.

Danau Towuti, Sulawesi Selatan

Danau Towuti adalah sebuah danau yang terletak di Sulawesi Selatan, Indonesia. Danau ini merupakan salah satu danau terbesar di Sulawesi, dengan luas sekitar 561 km² dan kedalaman mencapai 203 meter.

Danau Tempe, Sulawesi Selatan

Danau Tempe adalah sebuah danau besar yang terletak di Sulawesi Selatan, Indonesia. Danau ini memiliki luas sekitar 3.000 hektar dan terletak di antara tiga kabupaten yaitu Kabupaten Wajo, Kabupaten Sidenreng Rappang, dan Kabupaten Soppeng.

Danau Kelimutu, Nusa Tenggara Timur

Danau Kelimutu adalah sebuah danau yang terletak di Taman Nasional Kelimutu, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Danau ini terkenal karena memiliki tiga kawah dengan warna air yang berbeda-beda yaitu Tiwu Ata Mbupu (danau anak laki-laki) dengan warna air hijau toska, Tiwu Nuwa Muri Koo Fai (danau anak perempuan) dengan warna air biru dan Tiwu Ata Polo (danau pria dan wanita) dengan warna air merah.

Danau Kelimutu juga memiliki keunikan lainnya yaitu pernah terjadi fenomena alam saat air di danau Tiwu Nuwa Muri Koo Fai berubah warna menjadi merah pada tahun 2016. Fenomena ini menjadi perhatian dunia dan banyak menarik minat wisatawan untuk datang ke Danau Kelimutu.

Danau Ranau, Lampung

Danau Ranau adalah sebuah danau alami yang terletak di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, Indonesia. Danau ini memiliki luas sekitar 4.290 hektar dan berada di ketinggian 1.000 mdpl di tengah-tengah Pegunungan Bukit Barisan.
Komentar