Daftar Sungai Terbesar di Indonesia

Nanang SB
Daftar Sungai Terbesar di Indonesia


 Berikut ini adalah daftar sungai terbesar di Indonesia:

Sungai Kapuas, Kalimantan Barat

Sungai Kapuas adalah sungai terpanjang di Indonesia dan terbesar di Kalimantan Barat. Sungai Kapuas memiliki panjang sekitar 1.143 kilometer dan mengalir dari hulu di Pegunungan Müller di wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia hingga muara di Laut China Selatan.

Sungai Mahakam, Kalimantan Timur

Sungai Mahakam adalah sungai terbesar di Kalimantan Timur dengan panjang sekitar 980 kilometer dan merupakan sungai terpanjang kedua di Indonesia setelah Sungai Kapuas. Sungai Mahakam memiliki hulu di wilayah pegunungan Borneo dan bermuara di Laut Makassar.

Sungai Barito, Kalimantan Tengah

Sungai Barito adalah sungai terbesar di Kalimantan Tengah dan memiliki panjang sekitar 890 kilometer. Sungai Barito memiliki hulu di wilayah pegunungan di Kalimantan Tengah dan bermuara di Selat Makassar.

Sungai Musi, Sumatera Selatan

Sungai Musi adalah sungai terbesar di Sumatera Selatan dengan panjang sekitar 750 kilometer. Sungai Musi memiliki hulu di wilayah perbukitan di Dataran Tinggi Bukit Barisan dan bermuara di Teluk Bengkulu di Samudra Hindia.

Sungai Citarum, Jawa Barat

Sungai Citarum adalah sungai terpanjang di Jawa Barat dengan panjang sekitar 300 kilometer dan merupakan salah satu sungai terbesar di Pulau Jawa. Sungai Citarum memiliki hulu di wilayah perbukitan di Dataran Tinggi Bandung dan bermuara di Laut Jawa.

Sungai Brantas, Jawa Timur

Sungai Brantas adalah sungai terbesar di Jawa Timur dengan panjang sekitar 320 kilometer. Sungai Brantas memiliki hulu di wilayah pegunungan di Malang dan bermuara di Selat Madura.

Sungai Bengawan Solo, Jawa Tengah 

Sungai Bengawan Solo adalah sungai terpanjang di Jawa dengan panjang sekitar 540 kilometer dan bermuara di Laut Jawa. Sungai Bengawan Solo memiliki hulu di Pegunungan Sewu di wilayah Jawa Tengah dan mengalir melalui berbagai kota besar di Jawa Tengah dan Jawa Timur seperti Surakarta, Surabaya, dan Gresik.

Sungai Progo, Jawa Tengah

Sungai Progo adalah sungai yang terletak di provinsi Jawa Tengah, Indonesia, dengan panjang sekitar 162 kilometer. Sungai ini memiliki hulu di Pegunungan Serayu dan bermuara di Samudera Hindia di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Sungai Progo menjadi sungai terbesar kedua di Jawa Tengah setelah Sungai Bengawan Solo.

Sungai Serayu, Jawa Tengah

Sungai Serayu adalah sungai yang terletak di provinsi Jawa Tengah, Indonesia, dengan panjang sekitar 265 kilometer. Sungai ini memiliki hulu di Pegunungan Dieng dan bermuara di Samudera Hindia di Kabupaten Cilacap. Sungai Serayu merupakan sungai terbesar ketiga di Jawa Tengah setelah Sungai Bengawan Solo dan Sungai Progo.

Sungai Citanduy, Jawa Barat

Sungai Citanduy adalah sungai yang terletak di provinsi Jawa Barat, Indonesia, dengan panjang sekitar 150 kilometer. Sungai ini memiliki hulu di Pegunungan Bukit Barisan dan bermuara di Samudera Hindia di Kota Cirebon. Sungai Citanduy memiliki beberapa anak sungai, di antaranya Sungai Cimanuk dan Sungai Cikijing.
Komentar