Mudik

Nanang SB

Mudik

 "Mudik" adalah tradisi tahunan di Indonesia di mana orang-orang yang bekerja atau tinggal di kota-kota besar kembali ke kampung halaman mereka untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga dan kerabat. Tradisi mudik ini biasanya dilakukan selama beberapa hari sebelum Hari Raya Idul Fitri dan beberapa hari setelahnya.

Secara lebih rinci, mudik adalah perjalanan pulang kampung yang dilakukan oleh sebagian besar penduduk Indonesia, khususnya yang berasal dari Jawa dan Sumatra, pada saat Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Mudik seringkali dilakukan dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil, sepeda motor atau bus. Namun, ada juga yang menggunakan transportasi umum seperti kereta api dan pesawat.

Tradisi mudik ini bukan hanya sekedar perjalanan pulang kampung, tetapi juga sebagai momen berkumpul bersama keluarga dan kerabat. Selama mudik, banyak keluarga yang menyiapkan makanan khas Lebaran seperti ketupat, opor ayam, rendang, dan kue-kue tradisional untuk disantap bersama-sama.

Komentar