Prasasti di Indonesia

Nanang SB

 

Prasasti di Indonesia

Indonesia memiliki banyak prasasti peninggalan sejarah yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Prasasti-prasasti tersebut merupakan bukti sejarah yang penting dalam mengungkapkan keberadaan kerajaan-kerajaan di masa lampau, hubungan antara kerajaan-kerajaan tersebut, serta kebudayaan dan adat istiadat masyarakat pada masa itu. Beberapa prasasti penting di Indonesia antara lain:

Prasasti Tugu

Prasasti ini ditemukan di Desa Tugu, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Prasasti ini diperkirakan berasal dari abad ke-8 Masehi dan merupakan salah satu prasasti tertua yang ditemukan di Indonesia. Prasasti Tugu berisi tentang hukum adat yang berlaku pada masa itu.

Prasasti Kedukan Bukit

Prasasti ini ditemukan di Palembang, Sumatera Selatan. Prasasti ini diperkirakan berasal dari abad ke-7 Masehi dan merupakan prasasti tertua yang ditemukan di Sumatera. Prasasti Kedukan Bukit berisi tentang sejarah dan kehidupan kerajaan Sriwijaya pada masa itu.

Prasasti Ciaruteun

Prasasti ini ditemukan di Bogor, Jawa Barat. Prasasti ini berasal dari abad ke-5 Masehi dan merupakan prasasti tertua yang ditemukan di Jawa Barat. Prasasti Ciaruteun berisi tentang penetapan wilayah dan pajak pada masa itu.

Prasasti Mantyasih

Prasasti ini ditemukan di Cirebon, Jawa Barat. Prasasti ini diperkirakan berasal dari abad ke-15 Masehi dan merupakan prasasti yang berisi tentang sejarah kerajaan Sunda Galuh pada masa itu.

Prasasti Trowulan

Prasasti ini ditemukan di Trowulan, Jawa Timur. Prasasti ini berasal dari abad ke-14 Masehi dan merupakan prasasti yang berisi tentang sejarah dan kehidupan kerajaan Majapahit pada masa itu.

Prasasti Palasari

Prasasti ini ditemukan di Banten, Jawa Barat. Prasasti ini berasal dari abad ke-16 Masehi dan merupakan prasasti yang berisi tentang sejarah dan kehidupan kerajaan Banten pada masa itu.

Prasasti Karangtengah

Prasasti ini ditemukan di Magelang, Jawa Tengah. Prasasti ini berasal dari abad ke-9 Masehi dan merupakan prasasti yang berisi tentang sejarah dan kehidupan kerajaan Mataram Kuno pada masa itu.

Prasasti Sangguran

Prasasti ini ditemukan di Blitar, Jawa Timur. Prasasti ini berasal dari abad ke-10 Masehi dan merupakan prasasti yang berisi tentang sejarah kerajaan Kadiri pada masa itu.

Prasasti Geger Hanjuang

Prasasti ini ditemukan di Bandung, Jawa Barat. Prasasti ini berasal dari abad ke-14 Masehi dan merupakan prasasti yang berisi tentang sejarah kerajaan Pajajaran pada masa itu.

Prasasti Pasir Awi

Prasasti ini ditemukan di Ciamis, Jawa Barat. Prasasti ini berasal dari abad ke-8 Masehi dan merupakan prasasti yang berisi tentang penetapan batas wilayah pada masa itu.

Prasasti Mantingan

Prasasti ini ditemukan di Jepara, Jawa Tengah. Prasasti ini berasal dari abad ke-15 Masehi dan merupakan prasasti yang berisi tentang sejarah kerajaan Demak pada masa itu.

Prasasti Gowa

Prasasti ini ditemukan di Makassar, Sulawesi Selatan. Prasasti ini berasal dari abad ke-14 Masehi dan merupakan prasasti yang berisi tentang sejarah kerajaan Gowa-Tallo pada masa itu.

Prasasti Leiden

Prasasti ini ditemukan di Leiden, Belanda. Prasasti ini berasal dari abad ke-15 Masehi dan merupakan prasasti yang berisi tentang sejarah kerajaan Majapahit pada masa itu. Prasasti Leiden merupakan prasasti yang paling lengkap dan memberikan informasi terbanyak mengenai kerajaan Majapahit.

Prasasti Ciara Jambi

Prasasti ini ditemukan di Jambi, Sumatera. Prasasti ini berasal dari abad ke-7 Masehi dan merupakan prasasti yang berisi tentang sejarah kerajaan Melayu pada masa itu.

Prasasti Kamalayang

Prasasti ini ditemukan di Aceh Besar, Aceh. Prasasti ini berasal dari abad ke-13 Masehi dan merupakan prasasti yang berisi tentang sejarah kerajaan Samudra Pasai pada masa itu.

Prasasti Mrican

Prasasti ini ditemukan di Magelang, Jawa Tengah. Prasasti ini berasal dari abad ke-10 Masehi dan merupakan prasasti yang berisi tentang sejarah kerajaan Medang pada masa itu.

Prasasti Talang Tuo

Prasasti ini ditemukan di Solok, Sumatera Barat. Prasasti ini berasal dari abad ke-7 Masehi dan merupakan prasasti yang berisi tentang sejarah kerajaan Srivijaya pada masa itu.

Prasasti Kutai

Prasasti ini ditemukan di Kalimantan Timur. Prasasti ini berasal dari abad ke-4 Masehi dan merupakan prasasti yang berisi tentang sejarah kerajaan Kutai pada masa itu.

Prasasti Tumapel

Prasasti ini ditemukan di Malang, Jawa Timur. Prasasti ini berasal dari abad ke-13 Masehi dan merupakan prasasti yang berisi tentang sejarah kerajaan Singhasari pada masa itu.

Prasasti Sojomerto

Prasasti ini ditemukan di Batang, Jawa Tengah. Prasasti ini berasal dari abad ke-8 Masehi dan merupakan prasasti yang berisi tentang sejarah kerajaan Medang pada masa itu.

Prasasti Telaga Batu

Prasasti ini ditemukan di Ciamis, Jawa Barat. Prasasti ini berasal dari abad ke-8 Masehi dan merupakan prasasti yang berisi tentang penetapan batas wilayah pada masa itu.

Prasasti Kedu

Prasasti ini ditemukan di Magelang, Jawa Tengah. Prasasti ini berasal dari abad ke-8 Masehi dan merupakan prasasti yang berisi tentang sejarah kerajaan Medang pada masa itu.

Prasasti-prasasti tersebut merupakan sebagian kecil dari banyaknya prasasti yang ada di Indonesia. Setiap prasasti memiliki cerita dan informasi yang berbeda-beda, namun semuanya memiliki nilai sejarah yang sangat penting untuk dipelajari dan dijaga keberadaannya. Dengan menjaga dan mempelajari prasasti-prasasti ini, kita dapat memahami sejarah dan perkembangan kebudayaan dan peradaban di Indonesia secara lebih utuh dan mendalam.

Komentar