Pengenalan Subneting

Nanang SB

Subneting

 Subneting ialah sebuah metode yang digunakan untuk membagi jaringan yang besar menjadi beberapa jaringan kecil. Dengan menggunakan subneting kita bisa mengorganisasi jaringan agar lebih mudah untuk dikendalikan dan diatur. 

Subneting digunakan untuk membagi jaringan komputer menjadi segmen. Subneting menggunakan Teori 16-bit IP Address dengan menggunakan Anda akan membuat 4 kelompok yang berisi 4 biner disebut subnet mask. Subnetting menggunakan Subnet Mask untuk memisahkan IP Address menjadi host dan subnet. 

Subnetting memiliki beberapa manfaat utama. Prinsip pertama adalah membuat jaringan lebih kecil, mesin ini menggunakan IP Address yang terbatas. Hal ini berarti bahwa pengelola jaringan dapat lebih mudah menjalankan tugasnya, seperti memperbarui data, menyelesaikan masalah dan memonitor jaringan. Kedua, subneting membuat jaringan lebih cepat karena packet data dikirim ke subnet yang relevan terlebih dahulu, sebelum dikirim seluruhnya.

Terakhir, subnet akan memberikan keamanan lebih, karena subnet akan membagi jaringan menjadi beberapa segmen yang berbeda. Ini bisa membuat jaringan lebih susah ditembus dan tidak bisa diakses secara langsung.

Dengan demikian, subneting sangat membantu sebagai metode untuk membantu pengelola jaringan dan memberikan keamanan lebih pada jaringan. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan efisiensi jaringan untuk sebuah perusahaan.

Komentar