Daftar Gunung Aktif di Indonesia

Nanang SB

Daftar Gunung Aktif di Indonesia

Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan yang memiliki kekayaan alam yang melimpah. Salah satu kekayaan alam yang dimiliki oleh Indonesia adalah gunung-gunungnya yang cantik dan eksotis. Namun, tidak semua gunung di Indonesia bisa dikunjungi, terutama yang masih aktif dan berpotensi meletus. Berikut adalah 10 daftar gunung aktif di Indonesia yang harus diwaspadai.

1. Gunung Merapi

Gunung Merapi merupakan gunung berapi yang terletak di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Merapi telah meletus sebanyak 68 kali sejak tahun 1548. Erupsi terakhir terjadi pada tahun 2018 dan menewaskan beberapa pendaki.

2. Gunung Kelud

Gunung Kelud terletak di Jawa Timur dan telah meletus sebanyak 30 kali sejak tahun 1000 Masehi. Erupsi terakhir terjadi pada tahun 2014 dan menyebabkan kerugian besar bagi masyarakat sekitar.

3. Gunung Agung

Gunung Agung terletak di Bali dan merupakan gunung tertinggi di pulau tersebut. Gunung ini telah meletus sebanyak 4 kali dalam sejarahnya. Erupsi terakhir terjadi pada tahun 2017 dan menyebabkan ribuan orang harus mengungsi.

4. Gunung Sinabung

Gunung Sinabung terletak di Sumatera Utara dan telah aktif sejak tahun 2010. Gunung ini telah meletus sebanyak 9 kali dalam 10 tahun terakhir dan menyebabkan kerugian besar bagi masyarakat sekitar.

5. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat dan merupakan gunung tertinggi kedua di Indonesia setelah Puncak Jaya. Gunung ini masih aktif dan telah meletus beberapa kali dalam sejarahnya.

6. Gunung Papandayan

Gunung Papandayan terletak di Jawa Barat dan merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif. Gunung ini telah meletus sebanyak 9 kali sejak tahun 1772.

7. Gunung Semeru

Gunung Semeru terletak di Jawa Timur dan merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa. Gunung ini masih aktif dan telah meletus beberapa kali dalam sejarahnya.

8. Gunung Slamet

Gunung Slamet terletak di Jawa Tengah dan merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif di Indonesia. Gunung ini telah meletus sebanyak 6 kali dalam sejarahnya.

9. Gunung Ijen

Gunung Ijen terletak di Jawa Timur dan terkenal dengan keindahan kawah dan blue fire-nya. Gunung ini masih aktif dan pernah meletus pada tahun 1817 dan 1917.

10. Gunung Kerinci

Gunung Kerinci terletak di Sumatera Barat dan merupakan gunung tertinggi di Sumatera. Gunung ini masih aktif dan pernah meletus pada tahun 2009.

Jika ingin mendaki gunung-gunung ini, pastikan untuk selalu memperhatikan kondisi gunung dan waspada terhadap potensi erupsi. Selalu ikuti petunjuk dari pihak berwenang dan jangan pernah meremehkan kekuatan alam. Kita harus menghormati dan menjaga kelestarian gunung-gunung ini agar tetap menjadi keindahan alam yang dapat dinikmati oleh generasi mendatang.

Komentar