[Video] Cara Kerja Pendingin Udara (AC)

Nanang SB

Video ini menjelaskan tentang cara kerja sistem pendingin AC. Sistem AC memiliki tiga komponen utama, yaitu kompresor, kondensor, dan evaporator. Proses pendinginan dimulai dengan menghisap udara panas dari ruangan melalui evaporator. Udara panas tersebut kemudian melalui suatu sistem pipa yang di dalamnya mengalirkan refrigeran berbentuk gas yang disebut R-22 atau R-32. 

Setelah itu, gas refrigeran dipompa oleh kompresor dan dikompresi menjadi gas bertekanan tinggi yang sangat panas, kemudian dikeluarkan ke dalam kondensor untuk didinginkan. Di kondensor, udara luar dihisap dan melewati pipa yang mengandung gas bertekanan tinggi yang kemudian mendingin dan mengembun menjadi cairan refrigeran. Cairan refrigeran ini kemudian mengalir ke dalam evaporator untuk kembali menjalankan proses pendinginan udara. 

Selama proses ini, fan di dalam AC membantu menghisap udara dan mempercepat sirkulasi udara yang telah didinginkan ke dalam ruangan. Selain itu, terdapat pula alat pengatur suhu seperti thermostat yang akan mematikan atau menghidupkan AC sesuai dengan suhu yang diinginkan.

Komentar